Sabtu, 06 Agustus 2011

Manfaat Teh Basi

     Manfaat teh basi dan khasiat teh yang sering kita minum ternyata memiliki manfaat dan khasiat yang luar     biasa, bahkan teh basi sekalipun tetap memiliki manfaat dan khasiat jika dibuat masker untuk menghaluskan kulit, maupun sebagai obat jerawat, teh basi juga bisa bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah akibat proses penuaan. Berikut adalah manfaat teh basi yang lainnya:









1.   Teh basi dapat menyehatkan rambut
setiap hari kita beraktifitas di lingkungan yang banyak sekali polusi . di tambah lagi cuaca yang semakin hari semakin panas. itu semua dapat menimbulkan rambut kita kering dan merah. terlalu banyak memakai sampo juga bisa menimbulkan kerontokan pada rambut.
untuk mencegah itu semua kita bisa menggunakan teh basi sebagai pencegahnya. caranya cukup dengan keramas menggunakan air teh basi. tapi jangan menggunakan air teh basi yang ada gulanya ya. nanti di kerubungi semut lagi.
2.   Teh basi bisa mencerahkan wajah
selain untuk rambut teh basi juga bisa untuk mencerahkan wajah. caranya basuhlah muka kita dengan air teh basi tersebut, dan gunakanlah ampas teh tersebut sebagai scrub agar sel-sel kulit mati yang ada di wajah kita bisa terangkat. di jamin wajah anda bisa bercerah kalau digunakan setiap hari.
nah itulah manfaat teh basi .

     Teh basi dimaksud disini yaitu ampas teh bekas membuat teh seperti teh tubruk ampasnya masih bisa dimanfaatkan sebagai masker, Jika anda membuat teh tadi malam ampasnya masih bisa digunakan dipagi hari (tidak basi-basi amat) karena itu perlu hati-hati karena hal yang basi biasanya identik dengan bakteri…pastikan menggunakan ampas teh yang tidak terlalu lama.
    Kenapa teh begitu berkhasiat ? teh bermanfaat sebagai antioksidan, memperbaiki sel-sel yang rusak, menghaluskan kulit, mencegah penyakit jantung, mengurangi kolesterol dalam darah dan melancarkan sirkulasi darah. Khasiat teh tersebut dihasilkan dari kandungan-kandungan/zat-zat yang ada dalam secangkir teh, yaitu:
1.   Polifenol. Polifenol pada teh berupa katekin dan flafanol. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang ada dalam tubuh Anda disebabkan karena lingkungan udara yang telah tercemar polusi dan makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, senyawa ini juga ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh.
2.   Vitamin E. Dalam satu cangkir teh terkandung vitamin E sekitar 100-200 IU merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh manusia. Jumlah ini berfungsi menjaga kesehatan jantung dan sekaligus membuat kulit Anda menjadi halus.
3.   Vitamin C. Vitamin ini berfungsi sebagai imunitas atau daya tahan bagi tubuh manusia terhadap penyakit.
4.   Vitamin A. Vitamin A yang ada pada teh berbentuk betakaroten
Disamping khasiat diatas ada hal yang perlu anda perhatikan dalam menkonsumsi teh yaitu :
1.   Jangan minum teh saat atau sesudah makan karena zat yang terkandung dalam makanan dapat dicuri oleh zat stimulan teh.
2.   Jangan minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.
3.   Jangan minum teh yang dicampur dengan gula, karena rekasinya dapat mengurangi zat-zat yang terkandung dalam teh.
4.   Jangan minum teh yang sudah semalaman karena sudah banyak zat-zat dalam teh yang telah teroksidasi dan basi sehingga tidak baik untuk tubuh.
Semoga bermanfaat..

sumber: glatica.com dan id.shvoong.com

0 komentar:

Poskan Komentar